Apa Itu Pengertian Firebase? Berikut Ini Pembahasan Lengkapnya, Keren…

Membangun suatu aplikasi dengan lebih gampang tetapi hasilnya senantiasa maksimal merupakan impian para pengembang. Nah, pengertian firebase merupakan salah satu platform yang menunjang mereka menggapai perihal itu.

Apa itu Firebase? Layanan kepunyaan Google ini mempunyai bermacam fitur mutakhir yang hendak menolong pengembang buat pengembangan sisi backend suatu aplikasi. Dengan begitu, mereka dapat lebih fokus pada pengerjaan di bagian front end.

Guna firebase memanglah terpaut dengan pembuatan aplikasi serta kenaikan kualitasnya, sehingga lebih menolong bisnis tumbuh.

Gimana uraian lengkapnya? Di postingan ini, Kamu hendak belajar pengertian Firebase dengan lebih dalam, mulai dari pengertian firebase sampai ke manfaat Firebase Google. Ayo ikuti lebih lanjut!

Apa Pengertian Firebase? Berikut Pengertian Firebase

Pengertian firebase adalah Backend as a Services (BaaS) yang sediakan bermacam- macam tools serta layanan buat menolong pengembang meningkatkan sesuatu aplikasi (website serta mobile) dengan lebih kilat.

Backend as a Services sendiri merupakan jenis layanan cloud yang mengelola backend aplikasi. Maksudnya, Firebase selaku BaaS hendak mengurusi seluruh perihal menimpa backend semacam database, authentication, hosting, API serta yang lain.

Baca Juga: Apa itu Bandwidth? Berikut Ini Pengertian, Fungsi dan Cara Mengukur Bandwidth

Dengan dorongan Firebase, pengembang dapat lebih fokus membangun bagian front- end aplikasi. Karena, sisi backend hendak dikerjakan memakai Firebase dengan lebih instan.

Salah satu keunggulan layanan yang dibesarkan oleh Google ini merupakan integrasinya dengan bermacam tools buatan Google, semacam Google Ads, Informasi Studio, Google Marketing Platform, Play Store, dll.

Mengingat tools- tools tersebut sangat menunjang untuk ekosistem pengembangan aplikasi, paling utama terpaut bisnis, memakai Firebase merupakan salah satu langkah yang pas.

Mengetahui Jenis Firebase

Selanjutnya kita akan membahas jenis atau fitur dari Firebase itu sendiri, berikut detailnya:

1. Firebase Analytics

Fitur Analytics adalah salah satu fitur pada Firebase yang digunakan sebagai koleksi data dan reporting untuk aplikasi Android maupun iOS. Koleksi data pun bervariasi. Sebagai contoh, kamu dapat membuat suatu laporan atau report untuk pengguna aplikasi di negara Indonesia saja, atau mungkin negara lain seperti Singapura. Kamu juga bisa melihat bagian mana saja dari aplikasi yang paling sering digunakan oleh user.

Fitur ini mempunyai kelebihan yang memungkinkan kita untuk bisa membuat segmentasi user berdasarkan user attribute. User attribute adalah suatu parameter yang bisa kita gunakan sebagai filter yang bertujuan untuk reporting dan notifikasi. Contohnya pada aplikasi online shop. Dengan user attribute, kamu bisa tahu jumlah user yang membeli handphone merk ‘O’ atau bahkan bisa mencari tahu jam berapa transaksi yang dilakukan user sering terjadi.

2. Firebase Cloud Messaging and Notifications

FCM (Firebase Cloud Messaging) yaitu menyediakan koneksi yang handal dan tentunya hemat baterai antar server maupun antar device. Sehingga kamu dapat mengirim dan menerima pesan serta notifikasi di Android, iOS, dan web tanpa perlu biaya.

Untuk menargetkan pesan lanjutan, kamu bisa targetkan pesan dengan mudah menggunakan segment yang telah ditentukan sebelumnya yakni menggunakan demografi dan behavior/perilaku. Anda dapat menargetkan pesan ke perangkat yang telah berlangganan pada topik tertentu. Selain itu, Anda bisa juga menargetkan hanya ke satu perangkat untuk mendapatkan informasi data yang terperinci. Biasanya ini dilakukan untuk proses pengujian.

Pesan notifikasi ini terintegrasi sepenuhnya dengan Google Analytics for Firebase, sehingga kamu memiliki akses pada interaksi dan tracking konversi secara detaill. Nah, Anda dapat memantau suatu efektivitas dari satu dashboard tanpa perlu coding atau membuat program sendiri.

3. Firebase Authentication

Firebase Authentication adalah salah satu layanan back-end, fitur Android dan iOS, SDK yang mudah digunakan, dan tampilan interfaces yang siap pakai untuk mengautentikasi pengguna ke aplikasi yang kamu buat. Firebase Authentication mendukung autentikasi menggunakan nomor telepon, sandi, penyedia identitas gabungan populer seperti seperti Google, Facebook, dan sebagainya.

Firebase Authentication terintegrasi dengan fitur layanan Firebase lainnya. Sistem ini memanfaatkan berbagai jenis standar industri, seperti OAuth 2.0 dan OpenID Connect, yang memudahkan integrasi dengan backend khusus buatanmu.

Kamu juga dapat memudahkan pengguna untuk login ke aplikasi dengan menggunakan fitur Firebase UI (tampilan interfaces), sebagai alternatif full drop-in authentication.

4. Firebase Cloud Firestore

Cloud Firestore adalah database yang bersifat fleksibel dan terukur untuk pengembangan perangkat seperti seluler, web, dan server di Firebase dan Google Cloud Platform. Seperti halnya Firebase Realtime Database, Cloud Firestore membuat datamu tetap terkoneksi di aplikasi user melalui listener realtime dan menawarkan layanan secara offline untuk aplikasi seluler dan web. Dengan begitu, kamu dapat membuat aplikasi yang powerfull, responsif, dan mampu bekerja tanpa bergantung pada latensi koneksi internet.

Cloud Firestore merupakan database NoSQL yang dihosting di cloud dan dapat diakses melalui SDK real oleh aplikasi iOS, Android dan web.

5. Firebase Realtime Database

Firebase Realtime Database adalah database yang di-host melalui cloud. Data disimpan dan dieksekusi dalam bentuk JSON dan disinkronkan secara realtime ke setiap user yang terkoneksi. Hal ini berfungsi memudahkan kamu dalam mengelola suatu database dengan skala yang cukup besar. Ketika kamu membuat aplikasi lintas-platform/multiplatform menggunakan SDK Android, iOS, dan juga JS (JavaScript), semua pengguna akan berbagi sebuah instance Realtime Database dan menerima update-an data secara serentak dan otomatis.

Kemampuan lain dari Firebase Realtime Database adalah tetap responsif bahkan saat offline karena SDK Firebase Realtime Database menyimpan data langsung ke disk device atau memori lokal. Setelah perangkat terhubung kembali dengan internet, perangkat pengguna (user) akan menerima setiap perubahan yang terjadi.

6.  Firebase Hosting

Selanjutnya ada Firebase Hosting, suatu layanan hosting konten web. Hanya dengan satu instruksi, kamu dapat mengimplementasikan aplikasi web serta menyajikan konten statis maupun dinamis ke CDN (jaringan penayangan konten) global dengan cepat.

Kegunaan dari Firebase Hosting itu sendiri yaitu mampu menayangkan konten melalui koneksi yang begitu aman, mengirimkan konten secara cepat, dan mendukung semua jenis konten untuk di hosting, mulai dari file HTML dan CSS hingga API atau layanan mikro Express.js.

Kesimpulan Artikel Pengertian Firebase

Menariknya, pengertian Firebase merupakan suatu platform yang dapat Kamu pakai secara free (Spark Plan), yang meliputi 11 produk Firebase. Sayangnya, masih terdapat batas resource pada tipe free ini. Jadi, jika kebutuhan resource Kamu lumayan besar, dapat menggunakan tipe Blaze Plan yang berbayar.

Baca Juga: IP Address: Pengertian & Fungsinya Adalah Sebagai Berikut, Dibahas Lengkap!

Seperti itu mengapa Firebase merupakan platform yang dapat digunakan oleh bermacam skala bisnis, mulai dari startup sampai industri global. Untuk startup, Firebase dapat buat membuat aplikasi, sebaliknya untuk industri besar, Firebase sesuai buat tingkatkan mutu aplikasi serta analisis bisnis.

Teruji, sebagian industri besar semacam Duolingo, Trivago, Wattpad serta Gameloft juga memakai Firebase buat aplikasinya. Nah, hingga mari Kamu telah mempunyai cerminan tentang apa itu pengertian Firebase, kan? Berikutnya, ayo cari ketahui apa saja sih pengertian Firebase serta manfaat, jenis Firebase buat pengembangan aplikasi.